Test Sondir pada Kenal Daya Dukung Tanah

Sebelum jalan pembangunan infrastruktur, bendungan dan penginapan harus laksanakan kesanggupan dan beberapa audit yg nantinya bakal jadi acuan dalam penjadwalan pondasi. Percobaan mampu dilakukan segera di arena lapang dan didalam laboratorium.

Pengetesan di lapangan kebanyakan akan melaksanakan pemeriksaan bersama menggunakan media yg bisa ingat info didalam Wilayah muslihat pengujian dilapangan dilakukan hingga ke dalaman tanah menyembilu atau negara memberi dukungan yang baik.

Tetapi metode pengecekan didalam laboratorium rata-rata akan menggunakan zat-za cair yang di tuangkan ke negeri sample buat mengerti kualitas air, pikulan di dalam Negeri berat jenis daerah dan terus banyak lagi.

Bagi penyelidikan dilapangan kebanyakan memanfaatkan dengan penyelidikan Cone Penetration Test (CPT) atau lebih dikenal dengan sondir. Media sondir mampu dibedakan menjadi dua yaitu pengetesan ringan bersama volume 0-250 kg/cm2 dan pengecekan berat dgn volume 0-600 kg/cm2.


Type negeri yang pas bagi diuji degan sondir merupakan keadaan tanah yang tak berbatu sehingga dapat lebih Mudah Komponen mutlak sondir adalah konus yg ditekan kedalam tanah untuk mengerti idiosinkrasi tanah tiap-tiap kekuatan 20 cm.

Besaran penting yang diukur kepada uji sondir adalah pemberontakan versi akhir yang akan diambil juga sebagai macam penetrasi per unit luas penampang punca sondir (qc). Besaran macam ini bakal menunjukan singularitas negeri dan konsistensinya.

Berikut acuan yg sanggup dilakukan setelah melakukan uji sondir di lapangan :
1. Daerah teramat menyumsum > 150 kg/cm2
2. Negara pedas 80-150 kg/cm2
3. Wilayah teramat gigih 40-80 kg/cm2
4. Negeri kenyal 20-40 kg/cm2
5. sondir tanah tangerang teguh 10-20 kg/cm2
6. Daerah lunak 5-10 kg/cm2
7. Negara amat sangat lunak < 5 kg/cm2

Pemeriksaan sondir dapat dilakukan dengan cara juga kali terhadap memperoleh hasil data yg lebih Adil biasanya produk asal pemeriksaan sondir akan nyata tabel yg akan menunjukan moral qc. Wara-wara tersimpul jadi acuan guna trik selanjutnya.

Setelah seluruh data sondir dilakukan analisa maka sanggup di dapatkan pondasi yang serasi serasi kondisi negeri Tertera Type pondasi bisa menggunakan tiang tonggak ataupun dengan bore pile, kedua pondasi ini memiliki keunggulan dan borok masing-masih.

Butuh diingat penudingan pondasi amat sangat penting pada keadaan sekitarnya, pondasi penjalaran memang lah lebih hemat di bandingkan pondasi bore pile. Namun efek getaran junjungan bakal berjalan buat sekelilingnya dan bisa merusak bangunan sekitar.

Sekalipun pondasi borepile harganya dapat lumayan mahal namun dalam membuat pondasi borepile tak dapat memunculkan getaran dan aman guna keadaan sekitar.

itulah kiat atau trik dalam lakukan pengeboran di Lapangan mudah-mudahan bersama adanya tulisan in idapat menjadi satu buah manffat bagi pembacanya dan mampu memperluaas penegtahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *